Struma (Pembesaran Kelenjar Gondok)


Struma adalah pembesaran kelenjar gondok yang disebabkan oleh penambahan jaringan kelenjar gondok yang menghasilkan hormaon tiroid dalam jumlah banyak sehingga menimbulkan keluhan seperti berdebar – debar, keringat, gemetaran, bicara jadi gagap, mencret, berat badan menurun, mata membesar, penyakit ini dinamakan hipertiroid (graves’ disease). Ada juga struma yang tidak menimbulkan gejala seperti itu bahkan tidak ada gejala sama sekali sehingga pasien datang berobat hanya karena keluhan merasa takut atau risih karena gondoknya membesar, hal ini bisa disebabkan oleh cairan tiroid (kista tiroid) dan kanker kelenjar tiroid. Struma juga bisa disebakan oleh asupan mineral yodium yang kurang dalam waktu yang lama (gondok endemik). Pemeriksaan yang dilakukan adalah mengetahui dulu status horman tiroid dengan pemeriksaan FT4 dan TSH, USG kelenjar tiroid dan scanning kelenjar tiroid. Pengobatan dari struma ini tergantung dari status horman tiroid (hipertiroid, eutiroid atau hipotiroid), dari USG apakah mengandung cairan (kista tiroid) dan dari scanning tiroid (HOT atau COLD) nodul.

About these ads

143 Tanggapan to “Struma (Pembesaran Kelenjar Gondok)”

  1. Anonymous Says:

    Mo tanya disini boleh ya dok;
    Apakah gejala seperti berdebar-debar, gmetaran, berat badan menurun terjadi sebelum gondok kelihatan/membesar? Saya pernah mengalami hal spt ini tp sekarang baru kelihatan jelas ada pembesaran di leher saya.Sedangkan sekarang tidak ada keluhan spt itu lagi. Kalau saya ingin mengetahui apakah ini penyakit gondok atau bukan jenis pemeriksaan apa saja yg harus di lakukan?
    Thanks!

  2. Dr.Imran Nito (INTERNIST) Says:

    Keluhan anda ini sangat mungkin suatu penyakit gondok, pemeriksaan yang perlu dilakukan cek darah FT4 dan TSH dan USG Tiroid

  3. mei Says:

    Dok,sy mengetahui kalo leher sy ada benjolan kira2 bulan agustus 2007, lgs periksa ke lab nuklir di rshs. hasilnya:
    t3:1.7 normal
    ft4:1.9 normal
    tshs:0.7 normal (tes pertama)
    tes ke dua tshs di lab yg lain: 1.079 normal
    hasil dari lab nuklir:
    kadar hormon tiroid dan tsh sensitif normal. dari pencitraan,tampak kedua lobi membesar dg distribusi radiaktivitas rata. noduli pada bagian atas lobus kana dan bagian bawah lobus kiri menangkap radiaktivitas = jaringan tiroid sekitarnya.kesimpulan: struma multinodosa (nodul hangat) non toksik.
    sy juga sdh diUSG,sayang detailnya saya lupa,krn ada di internist.
    intinya hsl ugs benjolan tsb sifatnya tidak berbahaya(non toksik), kistik,warm nodul (nodul hangat)
    oleh internist sy cuma dikasih vit b kalo ga slh, warnanya orange,kecil. diminta kembali chek up 6 bln lagi. skrg memasuki bulan ke 4,benjolan di leher tambah besar. saya takut tambah besar dan keliatan menonjol.
    saya tidak mau dibiopsi(FNA),takut begitu dibiopsi, malah tambah besar benjolannya. krn dari artikel2 yg sy baca dari internet, hasilnya juga tidak begitu mendukung,dan kemungkinan tidak akurat juga tinggi.
    saya juga minum rebusan air daun alpukat+jahe, chitosan,kadang2 rebusan daun mahkotadewa.
    sy baca dari artikel katanya benalu teh juga bisa mengempiskan struma, bila diminum secara rutin.
    bagaimana menurut dokter:
    apa yg sebaiknya saya lakukan?
    penyebabnya apakah dari makanan atau hal lain?

  4. Jack Says:

    Saya ada benjolan melebar tepat dibawah leher, mungkin ini struma . apakah beda struma dengan teroid? bila ini struma, apakah obat yang tepat untuk ini?
    berapa harganya dan dimana saya harus beli. saya berada di palembang

    makasih

    Jack

  5. lysqa Says:

    gini lho dok..,kurang lebih 10 bulan yang lalu suara saya serak bahkan sempat hilang padahal pada saat itu saya tidak sedang batuk atau flu, lalu saya berobat ke spesialis THT dan saya disuruh foto paru dan foto untuk pemeriksaan sinus, paru saya tidak bermasalah hanya dokternya menyimpulkan bahwa saya menderita gejala sinus, jadi penyebab suara saya yang hilang adalah akibat cairan sinus saya mengenai pita suara sehingga terjadi peradangan. setelah dikasi obat suara saya kembali berangsur normal. sebulan kemudian saya mendengar gurah bagus untuk kesehatan dan saya juga ikut mencoba.. setelah selesai gurah kerongkongan saya terasa sakit seperti radang, pada saat itu saya meraba bagian leher saya ternyata ada benjolan, walau ga besar tapi saya jadi khawatir dan cemas.. sampai saat ini benjolan tersebut masih tetap seperti semula letaknya pas dibagian tengah leher namun agak condong ke kiri sedikit.. saya ingin konsul kedokter tapi banyak info simpang siur yang saya dapatkan, ada yang bilang saya harus ke dokter THT, ada juga yang bilang saya harus ke dikter Bedah.. apa yang harus saya lakukan dok? saya bingung harus periksa ke dokter spesialis apa? atau pemeriksaan apa yang sebaiknya saya lakukan?

  6. irma Says:

    saya mau tanya gejala nya kelenjar gondok dan pantangan makanan dan minuman untuk penderita kelenjar gondok apa dan apa kelenjar gondok termasuk kanker ?mohon balasanya makase sblmnya

  7. olin Says:

    saudara sepupu saya terkena kanker tiroid stadium lanjut dan sudah menyebar ke paru2..apakah masih ada kemungkinan sembuh kalau di operasi..sebelumnya sudah pernah dioperasi satu kali.
    terimakasih

  8. waris Says:

    LENGKAPI KESUKSESAN ANDA !
    RAHASIA MENCARI UANG Rp.10 jt – 20 jt/BULAN
    Revolusi dalam Mencari Uang di Tahun 2008
    PRODUK KAMI LEBIH AMAN KARENA BEDA

    Informasi lengkap klik: http://www.kkbaku.co.cc

  9. ayani Says:

    gini dok, saya kemaren oprasi struma tyroid, hasilnya itu CARCINOMA PAPILER TIROID, ini seberapa bahayanya? Dan pengobatannya gimana yang terbaik? Trimakasih Ya Dok. Saya Mohon banget infonnya,

  10. Ilham Says:

    Adenokarsinoma folikuler termasuk tumor ganas apa ga ya dok?

    Thanks.

  11. mbah gendeng Says:

    dok bedanya pada kelenjar tiroid yang mengalami hipertiroid n hipotiroid tu ap y…..? kok sama2 terjadi pembesaran

  12. ekopurnomodr Says:

    Salam kenal, dokter Imran
    saya eko, spesialis nuclearmedicine,di RSPAD Gatot Soebroto, siap membantu anda mendeteksi struma Grave’s disease dengan Thyroid Scan yang sering anda tangani dan jumpai , kami juga memberi terapi bagi pasien gondok/hipertiroid dengan metoda ablasi bagi pasien yang menolak operasi atau tidak mempan dengan obat anti tiroid.
    Untuk Ayani, kanker tiroid papiler suatu kanker jenis ganas, sekarang dengan metoda ablasi bisa dibersihkan sampai tuntas,yang penting ditangani dengan baik dan tuntas bisa bersih dan hidup normal lagi.

  13. Taufik Abidin Says:

    dok,bgmn sih mekanisme pembesaran kelenjar tiroid pd pasien yg hormon tiroidnya normal??

  14. Husen Says:

    Pagi dok.saya penderita pembengkakan tiroid.apakah bisa disebabkanTB?T4.T3.TSH Normal.masih bisa diobati tanpa operasi? tanpa

  15. hendri aka Says:

    dok…ibu saya mengalami gejala yang hmpir mirip dengan ciri ciri penyakit tersebut..kira2 apabila benar mengalami penyakit teroid tersebut….obat yang tepat ap ya dok…???
    mhon sekali bantuanny ya dok
    terimakasih sebelumnya

  16. beth Says:

    @bp hendri,mo bantu info nih, sebaiknya kl mo lbh jelas soal keluhan hipertiroid/bukan ke dr penyakit dalam saja, nanti akan diperiksa gejala, tros detak jantung, ama tes darah. Biasanya obatnya tyrosol ato PTU,. kl tradisional coba air daun ciplukan

  17. Eye Says:

    Dok…saya mo nanya nih, kalo hipertiroid itu beda gak dengan kanker tiroid? kalo iya bedanya dimana dok? trima kasih

  18. Lina Says:

    Met Siang dok,
    5 bulan lalu saya divonis menderita hiperteriod, dan kata dokter yang menangani saya bahwa hasil lab menunjukkan kadar yang cukup tinggi sehingga saya diberi obat PTU 3×1 dan obat lainnya. beberapa bulan sebelum didiagnosa penyakit ini saya sering dirawat di rs karena sering hilang keseimbangan, melalu pemeriksaan ECG ya kalo ga salah yang unt kepala itu, hasilnya spasmofilia +1. setelah sekitar 3 bulan saya mengkonsumsi obat unt hiperteroid, saya dianjurkan unt check darah kembali dan hasilnya cukup menggembirakan, kadar darah saya normal. tapi kenapa saya merasakan badan saya belum sehat spt semula, mata masih aja agak besar dan agak bengkak, leher masih ada sedikit bengkak. dan kepala saya sering sakit, sering hilang keseimbangan kalo berjalan atau berdiri, pandangan kadang sering terasa bergoyang. malah sekarang suara saya serak tapi leher tidak terlalu bengkak. apa kemungkinan hasil lab tsb salah? dulunya berat badan saya stabil dan sekarang malah menurun dan saya kelihatan kurusan. apakah ini murni karena hiperteroid saya yang belum sembuh atau juga karena spasmofilia?. karena dokter yang menangani saya kelihatannya bingung karena keluhan dan hasil darah yang ga singkron, saya berencana check up ke kuching krn kebetulan dekat dengan kota saya, apa dokter bisa mereferensikan dokter yang bisa menangani penyakit saya? dan saya mohon penjelasan mengenai sejauh mana keadaan saya sekarang? terima kasih. emailnya sangat saya tunggu. wassalam

  19. astrid Says:

    siang dok… saya seprtinya mngidap penyakit gondok… saya mulai mnyadsri ketrika saya mnelan makanan, agak sakit sperti radang. lalu saya perhatikan leher saya terdapa benjolan sepanjang tenggorakan saya. jadi tidak dibawah. saya coba angkat leher saya sehingga lebih terlihat benjolannya, lalu saya dorong dengan jari saya, ternyta benjolan tersebut terdorong bersama2. gejala2 diatas juga tjd pd saya, sering pusing, nafsu makan bertambh tp tidk mengurus, lalu tangan saya suka gemetar (tp itu saudh lama dok), kulit saya juga kering. menurt dokter dgn gejala spt itu sdh positif tkena gondok??? dan pencagah agar tidak parah, hrs bgmn dok??? dokter bisa ksh saran ke saya???

  20. yahya Says:

    dari aya
    dok, sya msu tanya apakah penyakit gondok juga termasuk penyakit turunan????
    karena nenek saya juga menderita penyakit gondok dan bude serta ibu saya juga menderita penyakit gondok??

    makasih

  21. yoes Says:

    dok, kalau saya baru terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di leher baru 1 bln ini ketahuan, kemudian saya baru 1 hari gunakan keladi tikus, yang saya tanya kan apakah cocok / boleh keladi tikus di gabung dengan ciplukan herbal ? terus untuk saran dan masukan saya mohon balesannya di myusmirwan@hotmail.com

  22. Hadi Says:

    dok, obat penyakit struma/kelenjar gondok apa saja? atau ada obat herbalnya?
    trims

  23. Hadi Says:

    dok, obat penyakit struma/kelenjar gondok apa saja? atau ada obat herbalnya? mohon jawabannya dikirim ke e-mail : trune_prampuan@yahoo.com
    trims

  24. PUTRI Says:

    DOK,,bberapa mingu yg lalu saya oprasi struma.DR. yg bersangkutan mengatakan bahwa saya tdk dlm kategori hipertiroid…
    lalu,jika “benjolan” tsb telah terangkat..apa ada kemungkinan munculnya benjolan/struma baru???
    mhon jwbnya kirim k : p.san12@yahoo.co.id
    thx..

  25. lina Says:

    bagaimana dengan pengobatan radio nuklir?seperti apakah itu
    apakah efek sampingannya dan bagaimana peluangnya (apakah itu berupa terapi?atau laser?
    dan bisakah diberi rujukan rumah sakitnya?

    terimakasih
    regard
    Lina

  26. winda Says:

    Sore, DOkter…

    tepat 24 Februari 2009 yang lalu, saya menjalani OP pengangkatan struma. ternyata, kalenjar gondok saya yang kanan kiri telah diangkat semua. karena benjolan yang ada, ternyata tumor yang cukup ganas yang telah menempel di kalenjar kanan. akibatnya bagian kiri diangkat juga, karena analisa dokter, beberapa akar kecil menempel di sebelah kiri. karena kedua kalenjar gondok saya telah terangkat, jadinya saya TIDAK mempunyai kalenjar gondok, yang mana pasti sangat berpengaruh bagi metabolisme tubuh & hormon saya. Saat ini saya masih 23th, belum menikah, dan masih menjalani check up dan scanning tiroid, untuk melihat bagaimana keadaan leher pasca OP.
    dan, Dokter saya bilang, nantinya saya akan mengkonsumsi obat / vitamin sebagai pengganti fungsi kalenjar gondok dimana obat itu dikonsumsi seumur hidup. Yang sangat membantu saya, nantinya saat saya menikah dan mempunyai anak. Saya juga sekarang menjadi vegetarian, dan berhenti total mengkonsumsi makanan yang amis (daging2an).

    yang saya ingin tanyakan…
    1. ternyata struma saya didiagnosa tumor ganas, sudah diangkat
    semua, apakah dia bisa tumbuh lagi ditempat lain ?
    2. pengaruh / dampak yang seperti bagaimana yang sangat signifikan
    karena saya tidak punya kalenjar gondok lagi ?
    3. jika seseorang pernah punya tumor, apakah benar dia digolongkan
    kanker kalenjar tiroid ?

    mohon dibantu pertanyaan saya….
    dan bisa direply di email saya : diajeng_windut@yahoo.com

    - terima kasih -

  27. linda Says:

    saya tidak merasakan sakit akibat pembengkakan kelenjar tiroid saya. Yang saya rasakan:
    1. tidak tahan di ruangan ber-AC.
    2. daya ingat menurun.
    3. barang yg saya pegang suka jatuh tanpa sadar
    4. mudah keringatan
    Dokter mengatakan sebaiknya dioperasi karena lambat laun pasti akan membesar. Apakah ada alternatif lain selain dioperasi?

    • wahyu Says:

      Sore Dok, di leher saya ada benjolan dah sekitar 7 thn yang lalu dan saya sudah periksa ke dokter tapi tanpa tes T3, T4 saya hanya di suntik dan kata dokternya gak boleh di operasi karena saya belum punya anak,yang mau saya tanyakan apa struma selama itu bisa menjadi kanker & apa benar jika saya operasi saya tidak bisa punya anak ?… saya mohon sangat jawabannya & thanks banyak atas jawaban dari dokter

  28. linda Says:

    apakah ada hubungan antara pembengkakan kelenjar gondok dengan tidak lancarnya atau periode haidnya semakin pendek?

  29. kuswara Says:

    Salam, Istri saya 2 tahun yg lalu mengidap struma pada leher sebelah kiri, dan pada bulan april 2008 telah dioperasi, kemudian sekarang timbul di leher sebelah kanan, bahkan lebih besar dari yg sebelumnya, dampaknya sesak napas karena dari hasil dari ronzen terakhir terlihat tenggorokan didesak oleh struma tersebut. dampaknya istri saya sesak napas, cepat lelah dan berat badan bertambah secara dramatis, padahal sudah diet, mohon petunjuk Dokter apa yg harus kami perbuat karena apabila di operasi lagi menurut cerita akan berbahaya. terimakasih

  30. endah Says:

    Dok,…kata dokter bedah yang memeriksa saya, saya kena struma bilateral, dan dari hasil test darah T3 : 1.3, T4 : 1.4 dan TSHs : 0.1,hemoglobin: 12.8, leukosit 7000, trombosit : 254000, hematokrit: 37.1, eritrosit 4.28. artinya apa dok…dari hasil tersebut,.soalnya dokter saya bilang di operasi aja,…kalo gak operasi apa akibatnya,…atao saya perlu pemeriksaan lebih lanjut? …pemeriksaan apa? thank a lot ya dok for your advices…bales ke email saya ya dok…elestari13@yahoo.co.id

  31. rida Says:

    Dok, mau tanya hampir 3 minggu lalu saya mengalami keluhan dengan leher saya yang agak membesar (sblmnya mmg leher saya agak besar, namun tanpa keluhan apa2, namun skitar 2 minggu lalu saya merasa seperti ada yang mengganjal saat menelan). Saya sudah ke dokter THT, dan saya didiagnosa terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid. kemudian saya diberikan thyrax dengan penggunaan 1×1 (tanpa melalui tes lab). kemudian seminggu berikutnya (saya sudah mengkonsumsi thyrax selama 1 mgg), saya memastikan penyakit yang saya derita dengan berobat ke dokter THT yang berbeda, dan hasil diagnosanya juga sama..terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid (struma), namun dokter yang kedua ini mengatakan bahwa penyebab struma saya tersebut bukan karena kekurangan yodium. mungkin beliau mendiagnosa struma saya tersebut disebabkan karena infeksi, karena saya diberikan obat : biothicol (3×1), suprazid (2×1/2), ocuson (2×1/2). dokter kedua ini juga menyarankan untuk menghentikan penggunaan thyrax (saya diberikan thyrax untuk jangka waktu 15 hr, namun baru 9tablet yag dikonsumsi).
    Pertanyaan saya :
    1. rasionalkan pengobatan tersebut (saya diberikan suprazid & biohicol)??
    2. Bila setelah penggunaan obat yag diberikan telah habis, apakah saya harus tes lab untuk mengetahui kafdar t3 & t4 dalam tubuh??? atau kapankah sebaiknya tes tersebut dilakukan??biayanya kira2 berapa???
    3. makanan apa yang sebaiknya saya konsumsi & tidak boleh dikonsumsi untuk menghindari terjadinya pembesaran kel tiroid???
    4. Apakah struma yang telah terjadi dapat mengecil dan dapat dicegah pebesarannya??bagaimana caranya???
    5. Bila menderita struma, apa efeknya bagi ibu hamil???apakah akan menyebabkan kretinisme pada janin???

    Mohon dijawab pertanyaan saya tersebut ya dok (via emil saya saja)…terimakasih banyak sebelumnya untuk jawabannya..

  32. Rofi Says:

    Dok…tnggorakan saya yg sblh kanan da bnjolan kcil y.trz dbagian langit2 sblh kanan kykna pnuh dg riak…dan susah nafas.klo boat makan agak skt.apa ne skt gondok?atau cm radang tenggorakan?blz ke emailku aj y dok…devil_nicekids@yahoo.com

  33. eko dr Says:

    Dear teman2 semua yang mempunyai masalah dengan gondok tiroid atau cancer tiroid, sebaiknya pastikan dengan thyroid scan untuk memastikan suatu pembesaran kelenjar gondok saja atau ada tumor/cancer,bila perlu lanjutkan biopsi jarum. Bila hanya pembesaran gondok saja, bisa diobati tanpa operasi bedah yaitu dengan metode radioablasi bs sembuh,sudah terbukti seperti di USA,Australia,Singapura,efektif,nyaman pengobatannya dan murah. Kita di Indo sdh bisa sejak lama.
    Bila suatu cancer ganas juga bisa dibersihkan sampai bersih cancernya dengan dosis besar radioablasi, dibuktikan dengan scan pasca terapi ablasi dan kadar tumor marker utk cancer tiroidnya. Jangan putus harapan karena kedokteran nmodern bisa mengatasinya.Salam sehat semua.dari: ekopurnomodr@gmail.com

  34. Emi Says:

    Dok, apa berbedaan kanker getah bening dan kanker tiroid? Ibu saya menderita kanker tiroid stadium lanjut dan sudah merembet ke paru-paru. Apa bisa disembuhkan karena kondisinya semakin lama semakin kritis. Saya berdomisili di kota Malang, mungkin dokter bisa merekomendasikan dokter spesialis apa yang harus kami datangi.

    Saya tunggu jawabannya ya dok ( lewat email saya aja), terima kasih banyak sebelumnya.

  35. muksin Says:

    Dok saya sdh hampir 14 thn mempunyai penyakit hiperteriod. dan sudah hampir 14 thn jg saya mengkonsumsi obat teriod yaitu ptu, tp sampai sekarang blm sembuh juga, apakah penyakit saya ini bisa di sembuhkan ? atau harus di operasi ? karena skrg gondok saya sdh mulai membengkak nampak di leher sblh kanan dan kiri, bagaimana apakah ada pengobatan yg lebih ampuh ? dan apakah kalau di operasi akan tumbuh kembali ? saya bosan dengan minum obat tiap hari sampai sekarang dari tahun 1997. kemana dokter mana yg tepat saya hrs berobat, karena saya ditangani sama 1 dokter saja, dan hasilnya menurut saya tetap saja penyakit nya tdk bs hilang. tks dok. Mohon di jawab via email saya.

  36. Lusy Sucikapti Says:

    Selamat pagi dok,
    2 minggu yg lalu sy baru saja selesai operasi tyroid (hipotyroid), setelah benjolan tsb dikeluarkan kemudian di periksa di lab patologi anatomi, kemudian hasil diagnosa ug keluar adalah ADENOMATOUS GOITER dengan bagian yg sudah menjadi KARSINOMA ( FOLLICULAR CARCINOMA ). Mohon penjelasan dokter utk hasil diagnosa sy, bukankah Karsinoma sendiri adalah kanker tyroid ya dok? Kemudian kata Dokter Bedah yg menangani operasi sy, hanya 30% kemungkinan tumbuh lg setelah dioperasi, apakah betul seperti itu dok? Sekarang ini sy hanya dikasih obat antibiotik dan tyrax.
    Apakah efek dr minum obat tyrax dpt menyebabkan mual dan kembung dok? krn itu yg sy rasakan sekarang, jg 1 tahun yg lalu sblm menjalani operasi dg meminum obat yg sama. Kemudian apakah ada pantangan makanan bagi penderita hipotyroid spt sy dok? Apakah tdk boleh memakan kol, brokoli dan sejenisnya?
    Mohon maaf dok, pertanyaannya banyak dan sy sgt mengharapkan balasan dr dokter, terimakasih…

  37. Lusy Sucikapti Says:

    Selamat pagi dok,
    2 minggu yg lalu sy baru saja selesai operasi tyroid (hipotyroid), setelah benjolan tsb dikeluarkan kemudian di periksa di lab patologi anatomi, kemudian hasil diagnosa ug keluar adalah ADENOMATOUS GOITER dengan bagian yg sudah menjadi KARSINOMA ( FOLLICULAR CARCINOMA ). Mohon penjelasan dokter utk hasil diagnosa sy, bukankah Karsinoma sendiri adalah kanker tyroid ya dok? Kemudian kata Dokter Bedah yg menangani operasi sy, hanya 30% kemungkinan tumbuh lg setelah dioperasi, apakah betul seperti itu dok? Sekarang ini sy hanya dikasih obat antibiotik dan tyrax.
    Apakah efek dr minum obat tyrax dpt menyebabkan mual dan kembung dok? krn itu yg sy rasakan sekarang, jg 1 tahun yg lalu sblm menjalani operasi dg meminum obat yg sama. Kemudian apakah ada pantangan makanan bagi penderita hipotyroid spt sy dok? Apakah tdk boleh memakan kol, brokoli dan sejenisnya?
    Mohon maaf dok, pertanyaannya banyak dan sy sgt mengharapkan balasan dr dokter, terimakasih… Mohon balasannya ke email sy lusysucikapti@yahoo.com

  38. eko dr Says:

    Salam Lucy,
    Betul karsinoma adalah kanker ganas, bila tidak dibersihkan sampai tuntas suatu saat akan tumbuh dan menyebar. Sekarang dengan metode radioablasi dosis besar bisa menghilangkan kanker tiroid, dibuktikan dengan scan sebelum dan sesudah terapi radioablasi. Efek thyrax tidak ada bila diminum sesuai dosis dan sesuai dengan kadar hormon tiroid(hasil lab).
    tidak ada pantangan khusus untuk hipotiroid.
    demikian semoga informasi bermanfaat.

  39. ulya sari Says:

    dok saya mau nanya??
    apa dampak kelenjar tiroid klo terdapat pembesaran pada ibu hamil???

  40. indah soefiyah Says:

    waktu hamil 9bln d leher sy tumbuh benjolan dan br skrg sy periksakan k dokter (9bln ada benjolan tumbuh) hasil lab T3 4,5 dan T4 14,9 dan TSH 0,1 dan sy d beri obat ptu ma propranolol 2×1. apakah penyakit dan benjolan d leher sy ini bs d sembuhkan serta d hilangkan ? makanan ato minuman apa yg hrs d kosumsi dan d hindari ? thanks atas bantuannya.

  41. rifa cihut.... Says:

    asss.punten dok…q punya keluhan newh ada benjolan dleher bagian dextra….awalnya c kecil tp berangsur mulai membesar…q takut banget dok…q ga mau sampai dioperasi….dok.ya kl dlht dr lab c ne termask snnt( struma nodul non toxik ).q udah coba terapi ATFG ( ALAT TERAPI FISIK GONDO SERI -8 ),NAH menurut dokter tu bisa membuat benjolannya kempez atow tidak.kalau tidak apa ada cara lain untuk mengecilkan bnjln ini selain dioperasi.tolong jawab ya.thanks.

  42. Sagita Says:

    dok..
    apkah penyakit gondok bisa disembuhkan??
    dan berapa lama?
    apa yang terjadi jika :
    T3, T4, dan FT4 tinggi (diatas normal)
    dan TSH rendah (<0,05)
    terima kasih dok

  43. Adrian Says:

    dok, saya mau bertanya, di bagian leher sebelah kiri saya ada benjolan yang besarnya sekitar se-jempol orang dewasa. saya tidak merasakan gejala apapun, tapi benjolan itu kalau ditekan agak terasa nyeri dan tenggorokan bagian kiri saya sakit kalau sedang menelan seperti orang sakit radang. menurut dokter itu apa ya? terima kasih sebelumnya atas perhatian dokter.

  44. edgard hartina Says:

    hi dok sy mo nanya neh??
    dulu di leher saya ada struma or gondok tp dh hampir 2 thn d operasi,,yg rsk kata dokter bedah na ditengah n sebelah kiri trus d akt..tp skrg2 ini sy khawatir dok karena katana gondok bs tumbuh lg setelah dioperasi..dan sy perhatiin kayaknya ada benjolan lg..mcm jakun gitu di leher saya.klo leher sy tengadah gitu ada benjolan tp kata tmn2 lhr sy ga bsr..tp sy lum cek lg..krn sy tkt..
    dok bnr kah gondok bs tumbuh lg walaupun sdh pernah dioperasi???
    mksh dok

  45. eny kristin Says:

    saya mempunyai benjlan di leher sebelah kanan bawah kt dokter spesialis penyakit dalam saya terkena gondok dan di suruh periksa ke laborat,tp saya tidak punya uang apakah kalau di biarkan akan berbahaya karna skrng sy rasakan mulai agak nyeri2 jg agak sakit jg sering pusing,berapa kira2 biaya kalau saya hrs periksa ke laborat,apakah hrs di operasi? mhn penjelasannya dok?

  46. dr.eko Says:

    Eny, sebaiknya periksa dulu laborat T3T4 dan TSH kalau mau agak hemat periksa T4 dan TSH saja dulu, tidak harus dioperasi, tergantung hasil pemeriksaan apakh hanya hipertiroid saja atau tumor. biaya ablasi sangat terjangkau.silahkan periksa dulu. Salam.dr.eko.(ekopurnomodr@gmail.com)

  47. Titi Haryati Says:

    Suami saya tidak ada benjolan dileher, tapi dokter bilang itu struma, sudah pernah test T3 hasil 7,81 ng/ml, T4 hasil 24,9 ug/dl dan TSH hasil 0,014 mlU/L apakah suami saya benar mengalami struma , gejala badan selalu berkeringat dan jantung berdebar, badan juga terasa panas. apa yang harus dilakukan dan harus berobat kemana terima kasih

  48. ratih Says:

    apa sih penemuan terbaru ttg pencegahan dan pengobatan struma ini??????
    keturunun jg di indikasi kn pnybab struma,dlm prose partus jg struma berperan penting,terlalu berbahaya bagi waniya yg blm menikah,spti saya bahkan utk mengetahui t3,t4,TSH pun saya tidak mau,cukup aspirasi biopsi dantau hsl ny it saja sudah cukup bagi saya,karna saya percaya TUHAN itu baik,dia akan memberikan keajaiban nya pada siapa pun trmsk saya,dan saya berharap akan itu,jadi saya tidak perlu turlalu memikirkan utk pamariksaanlanjutan karna itu jg akn mempercepat prtumbhan struma ini,mudah2 an saya kuat.

  49. danang endrayanto Says:

    dok ,saya danang umur saya 23 tahun saya mengalami gangguan gondok kurang lebih 6 bulan ini saya merasakanya pd waktu panas yang sangat tinggi,sam[pai tensi saya capai 160,sejak itu brt badan saya turun dratis,gemetar,keseimbangan kurang,mata saya bengkak hampir buram penglihatannya.dok apa bisa sembuh dg mengkomsusi obat yg dberi dokter obat itu:proponolol,PTU 3×100,methyl prednisolon,cefadrosil 2×500,ranitidin.sistenol,apakah dari obat tersebut dpt menyembuhkan dok ,demikian dr saya dok moga dokter bs ksh penjelasan.terima kasih. { frenanda_yahoomail

  50. dr.eko Says:

    Pak dokter dan Teman2 semua, kini ada GENE TEST dengan metoda yang mudah dengan pengambilan usap mukosa dalam mulut untuk mengetahui tentang penyakit2 apa saja atau sifat dan bakat yang dibawa secara genetik/turunan sehingga kita bisa menghindari atau mengembangkannya untuk tujuan yang baik. Semoga bermanfaat buat semua yang ingin mengetahui tentang bakat sifat atau penyakit diri sendiri atau keluarga yang kita sayangi. Salam sehat.dr.eko (ekopurnomodr@gmail.com)

  51. deasy Says:

    dok mama saya leher agk bengkak..tp saya pegang itu cuma tulang..dia sulit menelan..saya tkut tjd struma soalnya berat badannya jg menurun..saya tunggu balasannya..makasi

  52. deasy Says:

    dok..mama saya agak loose weight..sperti ada pembengkakan dleher..saya harus melakukan apa dulu dok..ke dokter mana dan hrus apa//soalnya mama susah menelan juga..apakah itu efek dr struma

  53. eko dr Says:

    Kl dr gejalanya sesuai utk suatu gondok hipertiroid,silahkan datang periksa kedokter agar bs diobati

  54. sinta Says:

    sore dok.. berapa hari ini saya kok merasa ada benjolan di tengah-tengah leher. tadinya saya fikir karena saya kurus jadi ada benjolan, tp saya lihat leher yang kurus yg lainnya kok ga ada. apa itu bisa di sebut gondok? tp saya tdk menemukan gejala lain seperti bergetar apa turun berat badan. apa yg hrs saya lakukan untuk pertama kali. terimakasih. kalaupun harus saya konsultasikan. spesialis bedah apa spesialis dalam… terimakasih

  55. diana salmon Says:

    Dok,nanya nih anak saya usia nya 4thn di bagian leher bengkak dan muncuk jakun layak seorang laki2 dewasa pdhl anak saya perempuan,waktu usianya 2thn saya sudah pernah periksa lab.tapi hasinya normal,
    belakangan ini benjolan nya terlihat agak besar dibandingkan dengan 2thn sebelumnya.

    saya udah coba obat2 tradisional seperti :
    1.kembang sepatu yang dilumatkan dan ditempel ke bagian yang bengkak,
    2.getah pohon semboja jepang yang digosok ke bagian yang bengkak
    3.Benalu teh yang di rebus lalu di minum airnya

    Menurut dokter apa pengobatan tradisional yang diatas itu cukup bermanfaat,??

  56. thezi Says:

    Dok, saya mau tanya aku wanita berumur 25 th, saya abis melahirkan 5 bulan yang lalu. sejak umur 12 th saya ada benjolan di leher, pernah saya periksa di dokter Bedah, dan di suruh USG memang benar itu teroid. aku gak ada gejala pusing, nelan makanan sakit, ataupun lain2nya. sejak melahirkan, kata teman2 saya makin membesar…
    tapi saya juga tidak merasakan gejala2 aneh. apa saya harus ke Dokter lagi

  57. nana Says:

    dok, kalau di surabaya atau malang di mana kita bisa melakukan TYROID SCAN dan RADIOABLASI, mohon infonya.

  58. Taufik Says:

    Mohon maaf dok saya pengen bertanya.Saya mengalami gejala2 seperti diatas,apa hal pertama yang harus saya lakukan,gimana cara pencegahan nya.apa efek samping dari penyakit seperti ini dok,terima kasih sudah menjawab pertanya an saya dok

  59. theo Says:

    dok…saya ma tanya..pada leher saya ada benjolan,,kira-kira ada di sekitar manubrium sternum.dan kemain diperiksakan ke petugas kesehatan di katakan struma,,,apakah benar???dan jalan untuk pengobatannya bagaimana ?terimakasih banyak

  60. qaharuddin Says:

    dok begini saya sudah pernah periksa ke dokter,hasilnya saya di bilang mempunyai penyakit struma,bagai mna cara mgobatinya,pdhl leher saya belum muncul benjolan di leher.terima kasih

  61. IKA Says:

    halo dok…
    begini dok , saya punya masalah hipertyroid yang terdeteksi sekitar lima bulan yang lalu, dan saya sudah memiliki satu anak yang berumur 5 tahun dan sekarang sedang mengandung 3 bulan anak kedua. yang ingin saya tanyakan apakah hipertyroid saya ini dapat mengganggu kesehatan janin saya karena saya masih harus mengkonsumsi PTU minimal selama 1 tahun dan setelah itu harus dites lab, lalu pertanyaan yang kedua kira-kira berapa biaya untuk melakukan metoda ablasi dan dirumah sakit mana? karena saya sangat ingin sembuh karena selama ini jantung saya berdebar-debar yang sangat mengganggu aktivitas saya. Terima kasih dok, saya sangat menunggu balasannya.

  62. Ani Aryani Says:

    Dok Eko, sy mau tanya, dulu sewaktu umur saya 20an sy pernah operasi tyroid, skr umur sy 42th, sekitar 5 th yg lalu sepertinya tyroid/benjolan muncul lagi, sy dah cek laboratorium hasilnya FT4 0,87 ng/dl (rujukuan 0,89-1,76) TSHs 0,309 ulU/mL (rujukan 0,350-5.500), keluhan sy kadang2 berdebar2 tp tdk setiap hari sm leher agak pegel aja, menurut dokter apakah sy perlu ke dokter THT lg untuk USG atau yg lainnya? atau sy bs minum obat apa dok? terima kasih dok atas balasannya bs ke email sy aniaryani28@yahoo.com, TQ

  63. Bpk.Nur Wahid Says:

    dok mau nanya tempat perakteknya dimana?
    istri saya mau konsultasi tentang teroid atau gondok.

  64. enny Says:

    berapa biaya radio ablasi hipertiroid, di rumah sakit jatim apa ada. Trima kasih info nya.

  65. dr.eko Says:

    Sumbang info saja, untuk terapi radioablasi hipertiroid di rspad gatot soebroto Rp.900.000 an saja. di Jatim jawa timur mungkin di rumah sakit sutomo bagian kedokteran nuklir bisa di cek apakah masih ada terapi tersebut.
    Salam Sehat
    dr.Eko Purnomo,SpKN-085888207575

  66. enny Says:

    Dok..untuk penanganan radio ablasi itu harus opname apa cukup rawat jalan saja. Perlu waktu berapa lama sampai sembuh.

  67. eni kartika Says:

    dok, saya umur 26 tahun. ada pembengkakan dileher saya, memang tidak terlallu besar. setelah semua pemeriksaan ternyata autoimun. apakah langkah yg harus dilakukan? dan bisakah sembuh dr penyakit tersebut?

  68. enny Says:

    dr Eko yang sy hormati
    1) Saudara sy kena hiperteroid, sama dokter disarankan untuk melakukan radio ablasi. apa efek samping radio ablasi mengingat ybs pingin punya anak. setelah melakukan radio ablasi apakah harus mengkonsumsi hormon seumur hidup. harga hormon tersebut apakah mahal.
    2) gimana cr untuk mendeteksi itu hiperteroid atau kanker teroid. apakh bisa dirasakan dari gejalanya saja atau perlu pemeriksaam lebih lanjut.
    3) untuk melakukan radio ablasi cukup rawat jalan atau perlu opname di RS. untuk pengobatan apakah radio ablasi perlu sekali atau beberapa kali.

    terima kasih atas jawabannya.

  69. Ummy Audy Says:

    Dokter,
    Suami saya mengalami pembesaran kelenjar gondok, bagian depan sekitar jakun, saat ini ukurannya sebesar bola pimpong. Badannya tidak gemuk dan mulai terasa sakit. Sudah diperiksa menurut dokter PA itu cairan lemak yang harus dioperasi. Apakah penyebabnya? Penyakit Menurunkah? Bagaimana cara pencegahan?
    Salam

  70. merryangelina Says:

    bagaimana cara penyembuhannya

  71. merryangelina Says:

    bagaimana cara penyembuhannya tanpa operasi

  72. win Says:

    sebelunya mohon ma’af.saya wanita berusia 27 tahun.2 bulan ini di leher kanan bagian bawah terdapat benjolan tak periksakan di dokter umum katanya struma dan dianjurkan untuk oprasi. saya sangat trauma dengan oprasi sebab saya sudah 2 kali oprasi,yang pertama oprasi kista dan yg ke dua sesar melahirkan.yang ingin saya tanyakan
    1. apakah btermasuk membahayakan penyakit ku ini?
    2. apakah ada pengobatan selain harus melakukan oprasi.
    3. makanan apa saja yang harus saya hindari biar cepet sembuh
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  73. elok Says:

    dokter apakah ada obat tradisional tanpa operasi sakit hiper teroid

  74. veni tusiana Says:

    dok,saya mau tanya
    dileher saya ada benjolan tapi tidak ada keluhan apa-apa.
    dan saya sudah periksa ke dokter katanya diangkat ja gitu lewat operasi.
    apa langkah ini tepat dok??
    apa ada efek samping nanti??
    dibales ya dok

  75. eko Says:

    Kalau di RS kami, akan diperiksa dengan Tiroid Scan, khusus dengan Gamma Camera Kedokteran Nuklir untuk melihat fungsi dan uptake kelenjar tiroidnya. Juga untuk membedakan nodul dingin atau bukan karena 30 % nodul dingin akan menjadi kanker tiroid.
    Salam
    dr.Eko Purnomo,SpKN(085888207575)

  76. lia Says:

    dok,begini saya mengalami pembengkakan di leher sy sjak 7 thun lalu mulanya saya kira itu hanya penyakit gondok biasa dan bs sembuh dg sendirinya,tp saya tdk merasa aneh dg tenggorakn saya.baru2 ini saya diberi tau saudara saya klo saya kyaknya terkena penyakit struma…apakah saya benar terkena penyakit struma?tp saya tdk mengalami gejala seperti mata membesar,mencret ,gemetran…hanya saja saya mengalami gejala terasa aneh klo menelan makanan,n tenggorokan saya membengkak

  77. Iecha Says:

    Siang Dokter…. di leher kiri saya agak bawah terdapat benjolan dan baru 2 minggu ini saya mengetahuinya, saya udah periksa katanya terjadi pembesaran kelenjar….nah apa obatnya apabila saya tidak operasi Dokter…saya takut semakin besar apabila tidak cepat di obati…dan tempatnya di mana? dan makanan apa aja yg boleh dan tidak boleh di konsumsi, mohon penjelasan Dokter lewat email….terimakasih.

  78. Lubna Says:

    ass..dokter…!!
    mohon bantuannya ya dok,gini saya pengen tanya seputar penyakit gondok/ struma..ibu saya mengidap penyakit struma n baru beberapa minggu yang lalu kita tau setelah cek darah n dikomfirmasi oleh dokter dikota kami.sebenarx benjolan dileher ibu saya sudah ada sejak tahun 2007 yang lalu setelah beberapa bulan ibu saya melahirkan anak ketiganya.tapi pada saat itu dites darahnya kata dokter bukan gondok..semenjak itu ibu saya tidak pernah memeriksakannya lagi dan kebetulan tidak ada rasa sakit..baru beberapa minggu ini ibu saya periksa lagi kedokter karena benjolannya semakin besar dari ukuran semulanya..dah terasah tidak nyaman!dan banyak keluhan pada kesehatannya.setelah diperiksa dan keluar hasilnya dokter menyimpulkan kalau benjolan itu adalah struma atau gondok..dan dokter menyarankan operasi..tapi ibu saya takut dengan namanya operasi itu..dan juga km keluarga tidak mau ambil resiko kalau dioperasi di kota kami yang peralatan medisnya kurang memadai..jadi kami sepakat untuk mencari jalan laen selain oprasi,dan saya bingung sekali apa yang saya harus lakukan?saya harap dokter bisa memberikan solusi yang tepat buat kami..
    sebelumnya terima kasih ya dok untuk bantuannya!

  79. Bintang Says:

    Halo dok..
    Nama saya bintang..
    Saya mau tanya dok..
    Ayah saya menderita kelenjar gondok..
    Kemarin sudah priksa sampai ke penang..
    Tapii,obat yang dari penang nyah sudah habis dok..
    Apa nama obatnya yah dok?
    Dan di beli dmna itu selain ke penang lagi?

  80. eko Says:

    Info buat Teman2 penderita gondok, dulu penanganan gondok hanya dengan operasi bedah dengan cara diangkat kelenjarnya, setelah ditemukan obat anti tiroid seperti PTU atau Neomercazole penderita minum obat secara teratur untuk menurunkan kadar hormon tiroid. Saat ini sudah ada Terapi ablasi untuk mengecilkan kelenjar gondok dengan cara nyaman dengan meminum/disemprotkan cairan terapi iodium radioaktif dosis kecil dan meberi hasil baik,tidak perlu operasi bedah dan tidak kambuh2 lagi serta ringan biayanya.Semoga info bermanfaat (Siloam MRCCC:08989999900)

  81. nella Says:

    dok..
    saya menderita hipotiroid, gondok aq terdapat di leher bawah sebelah kanan ukurannya dulu sekecil telur burung puyuh sekarang mulai membesar.
    Hasil test untk FT4 = 1.250 , T3 = 1.04 , TSHs = 1.370.
    itu arti nya apa ya dok?

    kalo untk penderita hipotiroid apa bole di sembuhkan dengan metode radioblasi?
    tolong di jawab y dok, soal nya saya stress dengan gondok saya ini.
    terima kasih sebelum nya

  82. nella Says:

    dok..
    saya menderita hipotiroid, gondok aq terdapat di leher bawah sebelah kanan ukurannya dulu sekecil telur burung puyuh sekarang mulai membesar.
    Hasil test untk FT4 = 1.250 , T3 = 1.04 , TSHs = 1.370.
    itu arti nya apa ya dok?

    kalo untk penderita hipotiroid apa bole di sembuhkan dengan metode radioblasi?
    tolong di jawab y dok, soal nya saya stress dengan gondok saya ini.
    terima kasih sebelum nya

  83. rati Says:

    selamat malem dok, radio blasi itu kalau di jawa tengah di rumah sakit mana? berapa biayanya ? thanks

  84. eko Says:

    di jawa tengah setahu saya bisa di Sardjito Jogya atau Karyadi Semarang

  85. ai Says:

    malam dok sy mau tny di leher sblh kiri saya ada benjolan sy sudah test t3t4 dantsh hslnya nolmal hsl usgnya stuma kistik solid apa yah dok artinya apa ada pengobatan scr hebal tampa operasi krn sy trauma masuk ruangan operasi dok,thanks

  86. Windy Says:

    Dok saya mo tanya apa makanan & minuman yg hrs dihindari untuk penderita kelenjar teroid?, terus makanan yg hanya bisa dikomsumsi seperti apa?,,, apa buah manggis & buah merah bisa menyembuhkan?, makasih sebelumnya Dok.

  87. Comot Says:

    Lam kenal j y,thanks y infonya.

  88. vienka Says:

    yth dr eko..15 thn yg lalu saya pernah opersi struma sebelah kiri dan sekarang tumbuh lagi benjolan sebelah kanan.klo saya mau konsultasi langsung sama dokter n mau terapi itu dmana saya bisa nemuin dr?dtgu balesannya ya dok..makasih sblm nya

  89. Erni Says:

    saya mau tanya pengobatan dari struma

  90. dr.eko purnomo Says:

    Untuk pengobatan struma dapat dilakukan oleh internis bila dekat lokasi rumah tidak ada fasilitas radioablasi kedokteran nuklir.
    Kami ada di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta dan Siloam Semanggi jakarta setiap hari kerja.
    Salam sehat.dr.eko 0818202080

  91. pitung_kasarung Says:

    ass.dok!SAYA PUNYA KELENJAR GONDOK BUKAN HANYA DI LEHER,DI BAGIAN TANGAN SAYA ADA DI KIRI DAN KANAN.DI BAWAH TELINGA ADA.BAGAIMANA DOK INI TERMASUK JENIS KELENJAR GONDOK APA.

  92. fany Says:

    dok kalo ada benjolan kecil pada leher sebelah kanan kalau dilihat tdk kelihatan tapi kalo diraba ada .itu termasuk penyakit apa ? mohon untuk balasannya trims

  93. Septi Armanita Says:

    Dok, apa indikasi, kontraindikasi, dan efek samping dari radioablasi?
    Saudara saya sudah menderita penyakit gondok sejak 4 tahun yang lalu. Apakah bisa sembuh total dengan radioablasi?

  94. dr eko Says:

    Efek samping sangat minim dibanding operasi bedah, kontraindikasi untuk wanita hamil dan menyusui, silahkan datang untuk kami bantu periksa dulu dari data2 lab,usg dll yang sudah dilakukan

  95. yulianti Says:

    dok, saya mau tanya, apakah ada obat herbal untuk menyembuhkan penyakit struma ?

  96. Ninuk Kartiko Says:

    dokter yth
    tahun 2009 saya mengalami demam dan sakit di leher, setelah diperiksakan ke dokter ternyata terjadi pembengkakan pada kelenjar tyroid, tapi hormon dalam keadaan normal. keadaa itu saya biarkan saja dok, karena saya takut dioperasi. kira dua minggu ini leher saya sering sakit, seperti tertekan, suara sering parau, sakit kepala. saya periksakan kembali, kelenjar tyroid semakin besar, namun tidak muncul keluar. sementara hasil tes hormon normal. Dokter, apa yang harus saya lakukan? makanan apa yang harus saya pantang ? tolong Dokter jawabannya..Terimakasih

  97. SithaDhewi JellyFish Says:

    thanks untuk infonya

  98. Juki Says:

    dok.. biaya operasi struma berapa yah kira2…
    nanti biar saya nabung buat operasi ibu..
    ??

    • dr eko Says:

      Kalau struma difusa hipertiroid sekarang bisa opsi terapi dengan terapi ablasi tanpa operasi, kecuali kalau ada bodul curiga kanker sebaiknya operasi.Semoga info ini bermanfaat

  99. nm aku indra Says:

    aku mau nanya dok..apa btul penderita gndok beracun gak bisa punya keturunan

  100. Key Says:

    Dok saya suda 2 thn mengidap penyakit gondok terakhir tes tgg skali , apakah ada alternatif lain yang lbh cepat sembuh dok? Apakah ada pantangan makanan utk penderita seperti saya. Mohon di reply dok. Terima kasih.

    • dr eko Says:

      informasi untuk teman2 penderita gondok hipertiroid, Ya kalau tidak mempan dengan obat anti tiroid atau kontraindikasi bedah, pilihan ablasi bisa dilakukan dengan hasil yang baik sekali. Kalau sudah di ablasi dan hormon tiroidnya normal pasien kami bisa hamil kembali sejauh tidak ada faktor lainnya. Kalau sedang tinggi kadar hormon tiroid memang makanan tinggi iodium seperti hasil laut, ada pengaruhnya.Semoga bermanfaat ya

  101. neoh Says:

    maaf dok, boleh saya tau literaturnya tentang teori dari penjelasan diatas??

  102. selvie Says:

    dokter eko,….di surabaya dimana bisamelakukan terapi ablasi ,..tks

  103. wahyu tyas Says:

    selmt siank dr. eko…..
    saya bulan agustus 2011 kemarin sudh lakukan operasi kelnjar tiroid di dua lobusnya. stlh di periksa trnyata tiroid yang kanan hasilnya ganas,folikuler carsinoma dengan satelit nodul. sedangkan yng kiri tidk tampak keganasan NB. VC. T..5139/11 folikuler carsinoma. terapi yg saya terima skr tirak 1×1 saja. dan saya di sarankan buat pmeriksaan radionuklir. sampai saat ini tidak ada keluhan apa2.
    yng saya tanyakan :
    1. apa efek sampingnya pemeriksaan radionuklir itu?
    2. saran lain bila tidk di lakukan pemeriksaan radionuklir ittu terapi ap ya dok?
    thx… mohon balasannya y dok….

  104. Riyan Says:

    Dok saya mau tanya. Apa yg hrs dilakukan sblm melakukan terapi ablasi di RSPAD. Krn org tua saya sdh bertahun-tahun dg penanganan dokter spesialis diperiksa secara rutin dan rutin minum obat belum kunjung sembuh juga. mungkin penyakitnya agak bandel. Bagaimana Persiapan sblm terapi mengingat supaya bpk sy tidak bolak balik Sulsel ke Jkt. Apakah hrs berhenti dulu minum obat sblm diterapi atau apa pantangan yg lainnya untuk proses sblm terapi ablasi. tks mhn balasannya ya dok.

    • dr eko Says:

      Ya betul mas ryan, agar tidak bolak balik, sebaiknya prosedur diikuti saja, untuk scan tiroid agar stop obat dan pantang hasil laut termasuk terasi selama 7 hari, asin2 dikurangi dan jangan mengkonsumsi permen mentol atau mint menjelang scan. Sebelum terapi ablasi agar puasa makan minimal 6 jam, masih boleh minum air putih. Demikian semoga informasi bermanfaat.Salam sehat

  105. dr eko Says:

    Untuk Wahyu Tyas, prinsip pengobatan kanker apalagi jenis kanker ganas harus sampai tuntas, untuk itulah digunakan sarana evaluasi scan di radionuklir atau kedokteran nuklir dengan scan tiroid yang sensitif menilai apakah masih ada kanker ganas atau tidak. Untuk terapi kanker dahulu diradiasi atau kemoterapi, saat ini yang lebih nyaman dan hasilnya bail dengan ablasi.Pemeriksaan sifatnya aman karena menggunakan kontras radiofarmaka dosis kecil saja. Saat ini selain pemeriksaan di kedokteran nuklir dengan scan tiroid atau whole body scan dapat juga memanfaatkan PET scan, untuk menilai apakah kanker masih ada atau penyebaran kanker ganas tiroid nya. di Jakrta ada di Siloam semanggi dan gading pluit, silahkan.

  106. wahyu Says:

    dr,ibu saya ada struma.saya sdh periksakan ke dr spesialis bdh di tulungagung jatim.tidak diharuskan ops.hanya masalah kosmetik saja begitu dokter.mhn sarannya.banyak terima kasih

  107. intan karlina Says:

    assalamualikum
    dok, saya penderita gondok (teroid), sejak usia 2 tahun, skarng usia saya sudah 19 tahun, benjolan gondok ini tidak terasa apa-apa, bahkan ciri-ciri nya tidak terdapat pd saya, hanya benjolan yg semakin membesar,, kata orang pada penderita
    penyakit ini, tidak dapat hamil ?
    benar kah ?
    tolong penjelasan nya
    terima kasih

    hubingi saya dok
    tolong 085788260736

  108. rinda Says:

    Selamat siang dok..
    Dok…saya mau tanya?? apakah penyakit tiroid basah itu termasuk kanker tiroid atau sama dengan struma?? soalnya kmrn ibu ku difonis kena tiroid basah dan diharuskan untuk operasi, tetapi karena ada sesuatu hal belum bisa operasi dalam waktu dekat ini.. apakah tiroid basah itu berbahaya kalau tidak cepat2 di operasi?? dan apa ada obat herbalnya?? terimakasih..

    • Dr eko Says:

      Kanker atau struma tergantung bagaimana hasil biopsi kelenjar di patologi anatomi, kalau struma saja mungkin dengan terapi ablasi bisa teeratasi, kalau kanker sebaiknya dioperasi dahulu baru diablasi agar bersih kankernya. Mengenai istilah tiroid basah, kurang paham maksudnya, lebih baik di periksa kadar hormon tiroid dan biopsi kelenjar dulu, semoga informasi bermanfaat.salam sehat

  109. RINI Says:

    Salam Kenal Dok…
    Dok sy penderita Struma Nodusa Bilateral dan telah menjalani Operasi, tpi sudah 2 minggu pasca Operasi Suara saya belum Normal (Mengecil dan Serak), yg ingin sy tanyakan apakah suara sy bisa kembali normal n bgaimana cara untuk memulihkan suara sy kembali normal?? Terima kasih

    • Dr eko Says:

      Kalau suara untuk pulih kembali setiap pasien beda respon perbaikannya, ada yg cepat dalam 3 bulan pulih ,ada juga yg sampai setahun br pulih.
      Saran kurangi makan gorengan,dan setiap ada gejala radang leher segera berobat ke dokter, semoga cepat pulih kembali

  110. Adi Says:

    Dok, nama saya Adi, 30 tahun. 1 bulan lalu saya dioperasi pengangkatan struma. dan hasil lab patologi mengatakan CA papiler dengan ukuran 6mm. saya disarankan untuk diablasi atau re-operasi untuk pengangkatan seluruh kelenjar tiroid.
    Menurut dokter Eko lebih baik yang mana? ablasi atau operasi lagi? saat ini TSH, T3, T4 dalam keadaan normal. Tiroglobulin juga normal.
    terima kasih dokter Eko sebelumnya..

  111. RSIA Yadika Says:

    apa benar orang penyakit gondok itu kekurangan yodium

  112. mhia Says:

    halo dok,
    begini dok saya punya pasien bernama :
    Zulkifli 70 tahun, TB 165 cm, BB 50 kg mengeluh belakangan ini mengalami masalah saat menelan karena pembesaran kelenjar tiroid. Pada pemeriksaan fisik ditemukan perubahan neurologis (tremor, kesulitan memfokuskan mata).
    yang ingin saya tanyakan mengapa pasien ini mengalami tremor dan kesulitan memfokuskan mata?
    mohon bantuannya dok,

  113. Koes Hendaryani Says:

    Halo Dok, mau tanya ..
    Pembantu saja terdapat benjolan di bagian lehernya sebesar ibu jari. Usia pembantu saya 30 tahun. Dia sudah periksa beberapa dokter dan juga sudah ke laboratorium. Hasilnya mengatakan bahwa pembantu saya terkena gondok dan harus dioperasi karena gondoknya sudah besar. yang saya tanyakan, apakah terapi ablasi gondok bisa juga dilakukan walaupun gondoknya sudah besar? Terimakasih Dok atas jawabannya.
    Koes H

  114. LITA S Says:

    Salam Pa dokter, saya mo tanya.dileher saya terjadi pembengkakan tp setelah diperiksa darah hasil lab nya FT4=0,95, TSHS= 1.084 dan T3= 1,37.kata dokter semuanya normal tp saya sering terasa cepat lelah,berat badan bertambah,sering gemetaran,tidak konsen.kata dokter harus dioperasi.peyakit apakah itu?apa obatnya?

  115. mirza Says:

    salam pak dokter,, saya Mirza,, tgl 17 Agustus 2011 saya melakukan operasi struma saya pak .. aapakah ada kemungkinan utk tmbuh lgi gak pak ??
    dan apakah bnar,, kucing mrupakan pnyebab dri tmbul nya struma selain kekurangan iodium ??
    trim ..

  116. ardisya Says:

    mau tanya ni dok, berapa lama si waktunya kalo orang kekurangan iodium bisa terjadi gondok?
    mohon bantuannya. terimakasih

  117. Nurmalisa Says:

    Dok, saya mau tanya bagaimana mengobati klenjar gondok pada leher sampai sembuh total dan hilang. saya mempunyai kelenjar gondok pada leher bagian depan sebelah kiri sudah 2 tahun ini saya menderita penyakit ini. sudah berbagai cara saya coba untuk mengobati ny, dari medis hingga alternatif. memang kalau untuk operasi saya belum pernah.

  118. Reny Says:

    Coba Konsumsi GIYAKING GOITTER PILLS yg bisa di dapat di toko obat china. Sy 2thn menderita hipertiroid. Alhamdulillah hormon t3 t4 tsh sy normal stelah mengkonsumsi 10botol, ga mahal cuma 35rb/botol. Leher sy udh ga bengkak lg. Semoga bermanfaat yah… salam sehat utk semua..

  119. irma Says:

    kira kira membutuhkan biaya berapa untuk pengobatan tuntas teroid

  120. irma Says:

    berbahayakah tiroid jika tidak di obati atau operasi dok, adakah obat obat tradisionalnya dok
    salam sejahtera

  121. ima Says:

    apakah setelah melahirkan ada kemungkinan struma bisa terjadi? soalnya dileher saya ada benjolan kecil dok…….

  122. yulia Says:

    salam pak dokter, saya yuve, dileher saya ada benjolan, setelah periksa di prodia, hasil test FT4 -1,21 (0,7-1,55) dan TShs -0.775 (0,27-4,7) dan hasil usg thyroid, kanan: uk. membesar 5,41×3,38cm, permukaan rata, tampak nodule uk 3,79×2,27cm, tampak kista uk. 2,85×2,12cm, vaskuler normal. Kiri: uk. membesar 3,82×1,85cm, permukaan rata. Tampak nodule uk 1,18 cm. Tampak kista uk. 1,33cm, vaskuler normal. Kesan Stuma nodusa-cystica bilateral. Yang saya tanyakan:
    1. Apakah dari hasil usg bisa diketahui apakah benjolan itu berbahaya atau tidak (kanker)?
    2. Termasuk jenis gondok yang mana?
    3. Bagaimana supaya bisa mengecil/tdk makin membesar, tanpa operasi, atau harus minum obat apa?
    terima kasih atas jawaban dan sarannya.

  123. Tita Savitri Says:

    Selamat siang dan salam kenal pak dokter,
    Tahun lalu (Mei 2012) saya sdh menjalani pengangkatan kelenjar tiroid (total) karena ada karsinoma tiroid tipe papiler. Setelah itu masih menjalani ablasi radioaktif juga (September 2012). Setelah menjalani ablasi, sampai saat ini saya sering mengalami alergi (gatal2 dan merah di sebagian tubuh, terutama di perut dan paha). Yang ingin saya tanyakan, apakah alergi tersebut merupakan efek samping dari ablasi radioaktif atau karena daya tahan tubuh menurun pasca total thyroidectomy? Terima kasih atasperhatian dan jawabannya pak dokter. Salam.

  124. sisca ernawati Says:

    dok kemarin saya baru saja melakukan oprasi pengangkatan kedua kelenjar tiroid saya diangkat, kata dokter kanker ganas,, dan sekarg sudah 10 hri,… namun suara saya masih kecil dan serak,,, kira2 bisa kembali normal ga ya?? klo bisa kira2 berapa lama pemulihanya,,, soallnya klo bicara dengan org suka byk yg ga denger hikhikikhik

  125. theo Says:

    dok saya mau bertanya, jika hasil dari lab,
    T3 ;2,09 ( 0,92-2,33)
    T4 ;44,35 (60,00-120)
    TSH ; 27.47
    apa itu masih hipertiroid dok ? berap jika hasil hormon itu normal,tlong pnjlsananya

  126. tiko Says:

    dok saya sedang hamil 6bln, saya ada benjolan di leher, trs saya di saranin cek di lab dan hasilnya T3; 2.52, T4; 14.5, TSHs; 1.387, itu maksud nya apa dok, dan apakah berbahaya? dan bagaimana pengobatannya? mohon di balas. tks.

  127. cara membuat jus kulit buah manggis Says:

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?

    you make blogging look easy. The overall look of your web site is great, as
    well as the content!

  128. nofika nurlia Says:

    ass, dok sy sdh operasi struma nodul.. wkt bln10 thn 2012. di leher bwh kanan, tpi knp skarang leher bwh kiriq agak bengkak ap it muncul lg dok…..

  129. Deleid Says:

    tolong dok, kira-kira ikan atau makanan laut boleh tidak di konsummsi oleh penderita gondok ??

  130. Jasmine Says:

    Dok,, sy skrg mengalami pembesaran leher seperti pada foto di atas,, gejala yg sy rasakan berat badan menurun ( padahal makan lumayan banyak ), mudah berkeringat, pada benjolan sebelah kiri bila di tindis terasa seperti aliran air yg mengalir dengan sangat deras, dan terkadang jari tangan bergetar. Apakah benjolan tersebut perlu di operasi ?? Mohon segera bantuan dokter untuk dapat memberikan rekomendasi dokter ahli bedah bilamana harus di operasi.

    • dr eko purnomo Says:

      Saran kami untuk mas Adhit lebih baik di biopsi untuk menentukan jenis sel ganas atau bukan.
      Untuk Jasmine; tidak semua penyakit tiroid harus dibedah, saat ini ada metode ablasi tanpa operasi bedah di center kedokteran nuklir RSPAD Gatot Soebroto dan center kedokteran nuklir lainnya.
      Salam sehat
      dr.Eko (0818202080)

  131. adhit shavo Says:

    dok, dileher tengah bawah saya ada benjolan kata dokterbTHT itu gondok, tapi setelah saya berobat ke penyakit dalam dan di USG hasil nya seperti ini :

    - Gl. thyroid dextra : ukuran membesar,hampir dipenuhi nodul
    dengan gambaran honyecomb berukuran +/_ 4×2,4 cm
    tidak tampak klasifikasi intranodul

    - Gl. thyroid sinistra : ukuran dalam batas norkmal tampak nodul
    dengan gambaran honeycomb di anterior kearah isthmus
    berukuran +/_ 0,8 x0,5 cm
    tidak tampak klasifikasi intranodul

    pengamatan pada gl. submandibularis dan gl. parotis dextra sinistra tidak tampak kelainan
    Tidak tampak pembesaran kgb colli dextra sinistra

    Kesan :
    Nodul dengan gambaran honeycomb pd glandula thyroid dextra dan anterior sinistra kearah isthmus, sugestif benigna
    Tidak tampak klasifikasi intranodul

    dengan hasil seperti ini kira2 benjolan dileher saya ini ganas dan bisa membesar gak dok? dan apa perlu dioperasi atau hanya minum obat?
    Sebelumnya saya ucapkan terimaksih

  132. Yulianti Says:

    Dok,saya mw tny.setelah melahirkan leher saya agak sedikit ada bendolan.tapi tidak sakit,dan tidak membesar,apa penyebabx?apa solusix dok?

  133. anissa Says:

    dok 3 tahun lalu saya periksa lab hasilnya T3=1,7, TSHs=2,2, FT4=1,1. . dokter di rs bilang tidak apa- apa tetapi sekarang muncul benjolan di leher sebelah kanan saya dan cukup besar. itu kenapa ya dok. mohon infonya .Terima kasih

  134. bimo Says:

    Dok, saya merasakan gejala hipertiroid dan setelah periksa lab hasilnya normal, FT4=1,56 TSHs=0,526, apakah saya harus periksa T3 juga?

  135. Muhammad Ali Kurniadi Nawir Says:

    Assalamualaikum dokter.
    Selamat pagi. Saya mau tanya dok mengenai penyakit gondok/struma, apakah penyakit turunan dok? Nenek saya pernah mendapat penyakit gondok sekarang ibu saya juga baru saya ketahui ada benjolan di lehernya.
    Kalau saya mau bawa ibu saya untuk di periksa intensif harus ke dokter spesialis apa dok?
    Mohon penjelasannya dok.
    Terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: