Leptospirosis

LEPTOSPIROSIS
Dr.IMRAN NITO SpPD
Pendahuluan
Musim hujan telah tiba yang biasanya datang pada bulan – bulan semester kedua dalam perjalanan satu tahun musim. Pada musim hujan hama manusia yang timbul pada perkotaan adalah hama tikus. Tikus ini pada musim hujan terganggu sarangnya karena terendam air.
Di Jakarta pada musim hujan sudah langganan timbul banjir dimana – mana. Air kotor dari banjiran ini sangat berpotensial tercemar dengan kensing tikus.
Leptospirosis adalah penyakit yang disebabakan oleh kuman yang dinamakan leptospira. Kuman ini hidup di air tanah yang kotor yang biasa terjadi pada musim hujan. Kuman ini dalam siklus hidupnya berasal dari air seni tikus. Jadi pada musim hujan dan banyak tikus pada daerah itu maka sudah menjadi kewaspadaan bagi kita untuk menjaga agar tidak tertular penyakit ini.
Penularan
Penularan leptosirosis melalui luka kulit terbuka. Kuman ini dengan cepat masuk pada peredaran darah dan memberikan gejala klinik berupa panas tinggi mendadak, penurunan kesadaran, mata kuning dengan ditandai peningkatan SGPT, SGOT dan penurunan fungsi ginjal. Pada kondisi ini sudah harus mendapatkan pengobatan yang cepat & tepat, mengingat angka kematian pada kondisi seperti ini mencapai 70%. Masa inkubasi penyakit leptospira ini antara satu hingga dua minggu dan lama perawatan pada penyakit leptospira ini tergantung komplikasi yang ditimbulkan, tetapi pada kondisi yang tidak ada komplikasi antara sepuluh hingga lima belas hari.
Namun pada pengobatan yang adekuat memberikan kesembuhan yang sempurna.
Pengobatan
Pengobatan leptospira sampai saat ini masih sensitive dengan antibiotik penisilin.
Pencegahan
Pencegahan leptosipra adalah menghindari kontak antara kulit dengan air kotor dengan memakai sepatu boot bila berada di tempat genangan air kotor dan pembersihan lingkungan yang dapat menjadi tempat persembunyian dan pembiakkan tikus.

Satu Tanggapan to “Leptospirosis”

  1. korban banjir Says:

    ngeledek yg kebanjiran nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: