Osteoartritis (Pekapuran Sendi)




Osteoartritis (OA) yang dalam bahasa awam masyarakat kita sering dinamakan pekapuran sendi, adalah proses degenerasi atau penuaan sendi. Pada proses penuaan ini lapisan tulang rawan sendi yang terdapat pada rongga sendi menipis, sehingga jarak antara dua tulang saling bedekatan. Hal ini terjadi dalam waktu yang lama membuat rasa ngilu pada sendi bila digerakan. Reaksi lain yang timbul akibat dari beradunya dua tulang tersebut membuat jaringan tulang manjadi kasar dan timbul berduri (spur). Sendi yang paling sering terlibat adalah sendi lutut dan sendi kecil yang sering digerakan seperti jari tangan pada seorang pencuci baju atau pengetik.
Hal yang menyebabkan dan mempercepat terjadinya OA ini pada sendi lutut adalah berat badan yang berlebih dalam waktu yang lama.
Diagnosis OA ini bedasarkan keluhan dan foto rontgen sendi yang sakit (terdapat penyempitan celah sendi dan spur formation).
Pada keadaan yang lebih lanjut dapat terjadi proses iritasi dalam rongga sendi sehingga terbentuk cairan didalam sendi (efusi sendi). Bila ini terjadi maka keluhannya rasa kaku pada sendi. Tindakan yang harus diambil adalah mengeluarkan cairan itu dan dianalisa di laboratorium.

Pengobatan pada OA ini yang pertama menuju berat badan yang ideal, hindari gerakan yang yang melampaui kemampuan sendi (duduk bersila, jongkok). Perlu dilakukan fisioterapi, dan terakhir obat – obatan untuk meredakan rasa sakit.

10 Tanggapan to “Osteoartritis (Pekapuran Sendi)”

  1. Diary Lusy... Says:

    Dok, sy mau tanya, suami saya sering mengeluh sakit pinggang, tp tidak dalam satu titik ( msh seputar pinggang), saya ingin memeriksakan ke dokter tp bingung apakah saya harus ke internis, ahli saraf, atau ortopedi? terima kasih atas bantuannya ya Dok. Tlg di email ya.

  2. Dr.Imran Nito (INTERNIST) Says:

    Hal yang menjadi kemungkinan penyebab dari sakit pinggang adalah ginjal dan saluran kencing, tulang punggung, otot pinggang yang kaku dan saraf yang terjepit (HNP = hernia nukleus pulposus). Untuk tahu yang mana penyebabnya anda bisa datang pada dokter internist atau ahli saraf.

  3. wirawan jaya Says:

    dok saya mengalami sakit dibelakang lutut apalagi bila habis main badminton apakah ini termasuk gejala osteoartitris, gimana metode penyembuhannya? makasih

  4. fe Says:

    dok, kenapa yang terkenanya simetris?mungkin tidak asimetris, secara penggunaan sendi kan du sisi…jadi kenapa simetris???

  5. Fengshibao (Michael Lim) Says:

    Terima kasih untuk tulisan artikel kesehatannya yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai pembaca dan semua sarana forum diskusi maupun konsultasi gratis, semoga tuhan membalas semua kebaikan dan kebajikannya.

  6. fany Says:

    dok, teman sy sendi2 tulang nya timbul benjolan2 kecil. trutama di jari tangan dan kaki. Skr jari2 tangan nya kaki tdk bisa di tekuk.
    Teman sy sudah pernah di bw ke dokter tapi dokter hanya bilang sakit asam urat.
    Apa termasuk pekapuran jg dok?

  7. Vina Natalya Says:

    Dok,aku baru usia 24 tahun tapi kok lutut kiri aku sakit ya… kenapa ya??? masa uda Osteoartritis,terus aku uda rontgen hasilnya juga bagus serta cek darah juga bagus cuma kolestrol,LDL,dan HDL-nya yang tidak bagus. Emang bisa ngaru ke lutut ya dok?? Thanks sebelumnya.

  8. Dodi Says:

    Dok, saya sudah 10 tahun mengalami sakit pada 1 bagian lutut. awalnya saya mengalami kecelakaan di jalan. trus ke dokter umum, jadi setelah 6 hari tubuh saya pada tiap sendi bengkak, kaki membesar. trus saya pakai obat tradisional, dan selama 1 tahun sakit baru bisa berangsung pulih. kini saya hanya menderita sendi pergelangan tangan kaku kedua-duanya, dan satu bagian sendi lulut kaki kiri terjadi penyempitan/hampir menyatu. adakah pengobatan alternatif lain yang bisa sembuhkan sakit saya ini. terima kasih sebelum dan sesudahnya atas bantuan dan penjelasan dokter.

  9. Erny Ningsih Says:

    Dok, saya berumur 56 thn yang saya rasakan lutut sebelah kiri sering merasakan ngilu dan berjalan rasanya harus hati2 sbb seperti ada yang akan berubah disendi itu bila saya berjalan cepat
    Dan saya coba usap pada permukaan lutut kiri dirasakan agak perih padahal tidak ada luka pd permukaan, apakah itu pertanda bermasalah (pekapuran) misalnya, tks

  10. 123456789 Says:

    dok, umur saya saat ini 50 tahun penyakit yg saya rasakan pegal2 di bagian bokong, sudah di ronsen dan hasinya celah sendi menyempit, awalnya saya pernah jatuh dari motor tahun 1982 dulu belum terasa sakit tp lama2 penyakit saya itu tanbah parah dok, yg saya tanyakan : apakah harus melalui operasi atau ada cara lain untuk mengatasi agar supaya penyakit saya ini normal kembali seperti semula, trima kasih dok.

Tinggalkan Balasan

